Friday, May 20, 2011

jom belajar sejarah-7 KEAJAIBAN DUNIA KUNO

HELLO adik2,arini cg kaaka nk ajr sejarah ye...ok,bukak laptop semue,pastu tkn google n type http://akifays-wardahemas.blogspot.com...pastikn laptop 2 bsmbung ngn wireless xpun brdband ye...tjk arini 7 keajaiban dunia kuno...sape yg dh thu angkt siku cpt,bkn angkt ciku ye...dgr btl2...jom kte travel zmn kuno....



Kolosus adalah patung Helios, yang terletak di pulau RodosYunani, dibuat oleh Chares dari Lindos antara 292 dan 280 SM. Patung ini dianggap sebagai 7 keajaiban dunia kuno. Sebelum kehancurannya, patung ini berdiri lebih dari 30 meter, membuatnya sebagai patung tertinggi dalam dunia kuna. Kolosus di Rodos memiliki tinggi yang hampir sama dengan Patung Liberty.


Taman gantung yang dibangun Raja Nebukadnezar II yang puncak kejayaannya sekitar 612 SM, kemudian menjadi sangat terkenal ke seluruh penjuru dunia dan dikagumi rancangannya hingga kini. Taman Gantung Babylon ini kemudian menjadi monumen agung Kerajaan babylon yang tiada duanya. Luas taman ini diperkirakan 4 are (1 acre = 4046.86 m²). Wujud arsitekuralnya sangat unik, kerana bertingkat-tingkat. Taman ini ditanami berbagai pepohonan indah dan dilengkapi sistem pengairan hingga ketinggian 100 meter di atas permukaan tanah. Dari puncak taman ini dapat disaksikan pemandangan di sekeliling Kerajaan Babylonia.



Mausoleum Maussollos atau Mausoleum Halicarnassus (dalam bahasa Yunani) adalah makam yang dibangun antara 353 dan 350 SM di Halicarnassus (BodrumTurki kini) untuk Mausolussatrap kekaisaran Persiadan Artemisia II dari Caria, istrinya.Struktur ini dibina oleh arkitek Yunani, Satyrus dan Pythius. Mausoleum ini memiliki tinggi sekitar 45 meter.
Mercusuar Iskandariah atau Pharos Alexandria (dari bahasa Yunani  ) adalah sebuah mercusuar yang dibangun pada abad ke-3 SM di pulau Pharos berdekatan dengan kota Iskandariah kuno, Mesir Kuno. Ketinggiannya diperkirakan melebihi 115 meter dan merupakan antara struktur tertinggi ciptaan manusia selama beratus-ratus tahun. Antipater dari Sidon telah menyenaraikannya dalam senarai Tujuh Keajaiban Dunianya.
Piramida Agung Giza adalah piramid tertua dan terbesar dari tiga piramida yang ada di Nekropolis Giza dan merupakan satu-satunya bangunan yang masih menjadi sebahagian dari Tujuh Keajaiban Dunia. Dipercaya bahwa piramid ini dibangun sebagai makam untuk firaun dinasti keempat MesirKhufu   dan dibangun selama lebih dari 20 tahun dan diperkirakan berlangsung pada sekitar tahun 2560 SM. Piramid ini kadang-kadang disebut sebagai Piramida Khufu.

Patung Zeus di Olympia adalah salah satu dari Tujuh Keajaiban Dunia Kuno. Patung ini dibuat oleh skulptor terkenal, Phidias (abad ke-5 SM) kira-kira tahun 432 SM di OlympiaYunani.Patung yang terduduk, yang memiliki tinggi sekitar 12 meter, mengisi seluruh Kuil Zeus yang dibangun sebagai rumah patung ini.Penyebab kehancuran patung ini hingga kini masih diperdebatkan.
Kuil Artemis (Bahasa YunaniἈρτεμίσιον ArtemisionLatinArtemisium), adalah kuil Yunani yang didirikan untuk Artemis, sekitar 550 SM diEfesus dibawah dinasti Achaemenid dari kekaisaran Persia. Kuil ini merupakan salah satu dari tujuh keajaiban dunia kuno. Kini, kuil ini telah hancur.


p/s : more info CLIK cnie ye...

ok adik2,end of the class today..jgn lupa blik stdy ye,sok ad pop kuiz...

...:::...hAnya dLm hIdup kaAka...:::...

No comments:

Post a Comment

seBuah kriTikan sEguNung sEmanGat mBina